Kapal Tanker Militer Terbesar se Asia Pasifik


Keberadaan kapal tanker sudah jamak dimiliki tiap angkatan laut, namun bicara yang siapa kapal tanker terbesar yang ada di kawasan (Asia Tenggara dan Australia) menjadi menarik disimak, lantaran tonase dan kapasitas kapal tanker langsung menyiratkan kemampuan armada maritim suatu negara dalam menggelar kekuatan jauh dari pangkalannya. Dan bicara yang terbesar di kawasan, maka sampai saat ini pilihan tertuju pada HMAS Sirius dengan nomer lambung O266 milik AL Australia (Royal Australian Navy).

Disebut terbesar lanataran HMAS Sirius punya bobot penuh 46.775 ton. Dengan panjang 191,3 meter, lebar 32 meter, dan draught 11 meter, HMAS Sirius dapat membawa 34.806 meter kubik (34.806.000 liter) bahan bakar solar dan 5.486 meter kubik (4.486.000 liter) bahan bakar avtur. Tidak itu saja, kapal tanker ini dapat membawa 240 ton bekal logistik kering yang ditempatkan ke 12 unit kontainer ukuran 6,1 meter. Dengan kapasitas bahan bakar yang besar, HMAS Sirius mampu ‘menyusui’ beberapa kapal perang dalam operasi jarak jauh.
CLICK SUBSCRIBE . .. . Update Military News- Subscribe Disini Atau Bisa Langsung Menekan Tombol Youtube Subscribe dan Facebook LIKE Berikut ini...



iklan