Kapal Selam Lada Terbaru Rusia Lebih Siluman dari si “Black Hole”

“Kemampuan siluman dari kapal selam diesel-elektrik Lada-class Rusia yang baru, jauh melebihi pendahulu mereka”, ujar CEO Admiraty Shipyard, Alexander Buzakov kepada pers Rusia.
Menurut Buzakov, kapal selam Amur yang baru bahkan lebih senyap dari kapal selam Kilo class, Rusia, yang mana Kilo dianggap salah satu kapal selam diesel elektrik yang paling senyap di dunia dan dijuluki “lubang hitam” / black hole, karena kemampuan mereka untuk “menghilang” dari sonar.


Kapal selam yang baru yang mempertahankan profil yang rendah berkat implementasi pintar dari next-generation anti-reflective acoustic coating dan peningkatan sistem hidro-akustik baru, kata Buzakov.
Kapal Selam Lada Class
Kapal Selam Lada Class
Ia menambahkan bahwa selama proses konstruksi dan desain kapal selam baru’, tim pengembangan berhasil mengumpulkan banyak data berharga, yang antara lain, memungkinkan mereka untuk secara signifikan meningkatkan kemampuan kapal selam Kilo juga.

Kapal selam Lada class dirancang untuk mempertahankan garis pantai terhadap kapal dan kapal selam lainnya, mengumpulkan data intelijen, memberikan pengawasan dan misi pengintaian, dan bertindak sebagai kapal induk untuk pasukan khusus. Dengan pembangkit propulsi udara-independen baru, kapal selam Lada dapat tetap terendam di dalam air selama 25 hari. Kapal ini dilengkapi dengan system senjata yang luas. Lada juga kapal selam non-nuklir pertama di dunia yang dilengkapi dengan peluncur khusus untuk rudal jelajah.

Perbedaan antara kapal selam Lada dan Kilo 

Sebagai kapal selam yang dianggap “lubang hitam laut” jumlah kapal selam Kilo terus meningkat di jajaran Angkatan Laut Rusia dan sebaliknya kapal selam Lada Class.

Saat ini, pabrik Admiralty di St.Petersburg sedang membangun enam kapal selam 636,3 Varshavyanka, Kilo class untuk Armada Laut Hitam. Transfer kapal akan selesai dari pabrik pada 2016.

kapal selam kelas Kilo Rusia selama ini hanya digunakan untuk tujuan ekspor, dan Lada hanya untuk keperluan dalam negeri Rusia. Apa alasan Rusia dengan keputusan itu ?
Kapal Selam Lada Class
Kapal Selam Lada Class

Pertama, kapal selam Lada class dirancang sebagai modular dan seri, dan perakitan kapal selam dilakukan dengan beban yang berbeda seperti 550 ton, 750 ton, 950 ton, 1.450 ton, 1.650 ton dan 1.850 ton.

Secara khusus, kapal selam 1.650 ton atau lebih, dapat menginstal ruang rudal vertikal dan menyediakan sistem kapal selam yang tidak bergantung pada udara luar (AIP). Tapi secara umum semua jenis kapal selam Lada class, struktur dasarnya sama, prinsip operasi serupa, oleh karena itu, sangat nyaman untuk tentara dalam pertempuran sinergis.

Kedua, kapal selam Lada class menggunakan aplikasi teknologi lapisan shell, mengurangi pengaruh tekanan air dibandingkan kapal selam dengan kapasitas yang sama. Ini adalah faktor yang sangat penting, karena membantu kapal selam untuk menjadi lebih kecil, lebih fleksibel, terutama dalam pertempuran di perairan dangkal dekat pantai atau peperangan laut.

Ketiga, sistem Lada class dilengkapi AIP sehingga membantu mengurangi kebisingan, meningkatkan operasi terus menerus di bawah permukaan air, sehingga meningkatkan efisiensi operasional. Dengan demikian, dalam hal kemampuan siluman, kapal selam Lada kelas lebih hebat dibandingkan kapal selam Kilo class, yang terkenal sebagai “lubang hitam laut”.
Kapal Selam Lada Class
Kapal Selam Lada Class

Keempat, kapal selam Lada class dilengkapi dengan peralatan modern, otomatisasi, informasi dan pertukaran data dan berbagi ke seluruh kapal. Hal ini tidak hanya membantu untuk mempersingkat perintah, tetapi juga mengurangi tenaga kerja. Misalnya, kapal selam Lada class dengan beban 1.650 ton hanya dibutuhkan 35 orang, sekitar setengah dibandingkan dengan kapal selam konvensional yang memiliki bobot yang sama.

Kelima, kapal selam Lada class dilengkapi dengan kontrol peluncuran vertikal membuat senjata lebih beragam dan lebih fleksibel. Selain itu, sistem ini juga dapat digunakan untuk meluncurkan pasukan katak atau dilengkapi dengan alat untuk melayani operasi tempur khusus.

Keenam, kapal selam Lada class dilengkapi dengan hydroacoustic sensor type drag at the tail (towed array sonar) yang sangat modern, serta membantu peningkatan deteksi jarak musuh. Peralatan ini sangat mahal, jadi tidak dipasang di kapal selam Kilo class, namun sering hanya diinstal pada kapal selam nuklir atau kapal anti-kapal selam besar. Jika Anda tahu, di belakang kapal selam sering menjadi daerah buta untuk untuk sensor hidroakustik, sehingga menjadi penting untuk adanya sensor radar tarik, (towed array sonar).

Kapal Selam Lada Class
Kapal Selam Lada Class

Kapal selam Lada class dapat menyelam di kedalaman 300 m dan bergerak dengan kecepatan 21 knot saat terendam. Kapal selam ini

memiliki enam tabung torpedo 533mm yang dapat menembakkan 18 torpedo dan rudal anti-kapal VLS.
Proyek Rusia 677 Lada class memiliki sistem tempur yang telah ditingkatkan dan memberikan perbaikan yang signifikan dalam perang anti-kapal selam (ASW) dan operasi peperangan anti-permukaan (ASuW).

Dengan fitur-fitur teknologi yang disebutkan di atas, sebagian ahli mengatakan desain kapal selam Lada class telah mencapai titik kritis (puncak) dalam desain media kapal selam konvensional.

SputnikNews/ BaoDat

CLICK SUBSCRIBE . .. . Update Military News- Subscribe Disini Atau Bisa Langsung Menekan Tombol Youtube Subscribe dan Facebook LIKE Berikut ini...



iklan