Mencari Ujung Labirin Proyek Roket Rudal Indonesia



Cinta INDONESIA . .. . Berlangganan Gratis - Subscribe Disini Atau Bisa Langsung Menekan Tombol Youtube Subscribe dan Facebook LIKE Berikut ini...

Sebenarnya RI mampu untuk membuat Rudal sekalipun, jika tanpa embel-embel gangguan hambatan dari dalam maupun luar negeri, analisa saya sbb :
1. Rudal adalah kombinasi secara integrated sebuah Rocket & system kendali yg berupa motor, actuator, sirip, motor roecket, sensor, sensor, dan “OTAK’ yg berisi kemampuan mengolah data secara indpenden.
2. Roket sebagai badan rudal adalah bagian yang paling mendasar terdiri dari Nozle, Comsbustion Camber, sistem bahan bakar, dan head (war head, electronic system dan lain lain tergantung keperluan).
3. RI sejak jaman Bung Karno sudah mulai melakukan peneliatan & percobaan baik di Lapan, ITB & UGM, masih tergolong roket primitif namun sudah bisa terbang dengan lintasan cukup linier.
4. Pengembangan Roket jaman Bung Karno terhenti seiring hilangnya support dari Uni Soviet & juga banyak dibekukannya kegiatan mahasiswa.
5. Masa Orde Baru penelitian Roket sudah sampai meluncurkan RX 250 mm, dan sudah ada blue print ke RX 300, RX 350 mm.
6. Seiring berkembangnya Geopolitik, Roket menjadi hal yang istimewa dan teknologi serta jarak tempuh menajdi sensitif dan mucullah Regim pembatas Roket.
7. Entah apa sebabnya, setelah RX 250 mm jaman Orba meluncur di Pameungpeuk, Garut, tidak ada lagi peluncuran RX di atasnya.
8. Masa SBY terasa ada angin segar masa Lapan dipimpin Arie Sadewo Salatun, banyak RX diluncurkan, dan diketahui akan ada RX 350, RX 400, RX 500 hingga mimpi RX 1000, tentu menjadi tantangan bagi para ilmuwan lapan, perguruan tinggi, BPPT dan lain-lain,vuntuk menemukan berbagi elemen penting pendukung Roket tersebut.
9. Tersiar Kabar Lapan berhasil membuat ramuan bahan bakar Aluminium perkhlorat dan UGM membuat bahan bakar dari extract asphlat buton yang konon lebih kuat dari specimen bahan bakar bekas Harpoon.
Roket RX-550 Lapan
Roket RX-550 Lapan
10. Terdengar berita yang menggembirakan Lapan berhasil membuat Nozzle untuk RX 300 meski diawali banyak kegagalan, wah lumayan nih sebab perlu teknologi tinggi untuk membuat material yang tahan temperatur tinggi dalam waktu yang lama.
11. Setelah launching RX 300 tidak ada lagi kabar berita test pengemabangan roket dari LAPAN, entah apa penyebabnya.
12. Yang jelas keberhasilan RI meluncurkan Roket kelas RX 300 saja sudah membuat banyak pihak ketar ketir..apalagi jika RI bisa membuat RX 500 yang dipakai untuk peluncuran Satelit, sebab bukan hal yang susah pada roket tersebut tinggal disematkan teknologi kendali agar roket ini menjadi RUDAL/Missile.
13. Jelas ada pihak pihak tertentu yang tidak happy RI bisa membuta Roket apalagi sampai RX 500, sebab RX500 bisa menjakau jarak 500 km tergantung kualitas Fuel & Cap nya.
14. Yang ingin menghambat RI pasti dengan segala cara, langsng maupun tidak langsung, keras maupun lunak.
15. Fakta saaat ini tidak ada lagi berita signifikan pengembangan Roket RX350, RX 400 hingga RX500. Roket RI ditelan bumi, roket RI menguap di angkasa, namun bakat-bakat itu masih terus bisa direalsiakaikan tentu dengan sikap para pemimpin yang Konsisten, Kontinyu untuk kepentingan Bangsa.
Jayalah Negriku Indonesia Raya
Oleh : Itto  - jakartagreater.com
iklan