Turki Mengamuk, Basis ISIS dan Kurdi Dibombardir

ANKARA - Turki telah membombardir sejumlah target yang disebut sebagai basis ISIS di Suriah utara di tengah laporan pemberontak Suriah telah melancarkan serangan terhadap kelompok yang sama. Artileri Turki menembaki basis ISIS serta milisi Kurdi, YPG, di kota-kota Jarablus dan Manbij.



Sementara itu, sekitar 1.500 pemberontak Suriah yang didukung oleh Turki tengah bersiaga untuk menyerang di kota Turki, Gaziantep. Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan ISIS harus "sepenuhnya dibersihkan" dari Suriah utara seperti dikutip dari BBC, Selasa (23/8/2016).

Serangan yang dilancarkan Turki ini adalah balasan atas serangan bom pada sebuah pesta pernikahan yang menewaskan lebih dari 50 orang. Menurut wartawan BBC, serangan yang dilancarkan oleh Turki di dekat Gaziantep kemungkinan dipicu oleh bom bunuh diri yang dituding sebagai aksi kelompok ekstrimi ISIS.




Sekedar infomasi, pasukan koalisi pemberontak termasuk pasukan YPG Kurdi telah mendorong ISIS keluar dari kota-kota di Suriah termasuk Manbij. Namun, aksi pemboman Turki juga telah menyerang posisi YPG di Manbij, seperti dilaporkan oleh TV Turki.

Turki memandang YPG sebagai perpanjangan tangan dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK), kelompok pemberontak Kurdi Turki yang memperjuangkan daerah otonomi di Turki sejak 1980-an.
iklan