Wajah Pelaku Penyerangan Bandara Istanbul Terekam Kamera

ANKARA - Kamera pengawas berhasil mengabadikan wajah para pelaku penyerangan bandara Ataturk, Istanbul, yang berjumlah tiga orang. Ketiganya disebut berasal dari Rusia, Uzbekistan, dan Kirgistan.
 


Dikutip dari laman Mirror, Kamis (30/6/2016), ketiga pelaku diketahui memiliki paspor Rusia. Mereka juga diketahui menyewa sebuah apartemen lantai pertama di distrik Fatih, 12 mil dari bandara, sebulan lalu dan menandatangani kontrak selama satu tahun.

Seorang agen properti yang menyewakan apartemen tersebut kepada para tersangka mengatakan, mereka berbicara dalam bahasa Rusia dan menunjukkan papor Rusia. Tetangga dari ketiga tersangka itu mengatakan, mereka tidak pernah berbicara kepada siapa pun dan kerap terlibat perdebatan keras.
 


Pejabat keamanan Turki percaya bahwa para tersangka adalah bagian dari sel yang berlatih dengan ISIS di Raqqa, Suriah, beberapa tahun lalu. Salah satu tersangka diketahui bernama Osman Vadinov, seorang warga negara Rusia. Saat ini, para petugas tengah memburu anggota keempat yang masih berkeliaran.

Pihak penyidik telah menyisir apartemen para tersangka. Penyidik menemukan sebuah notebook dan buku panduan yang telah dibuang oleh para tersangka di dekat apartemen.

Para tersangka diketahui menyewa taksi ke bandara Ataturk Istanbul untuk menjalankan aksinya. Sopir taksi yang menjemput mereka kepada polisi mengatakan, orang-orang itu berbicara bahasa Rusia dan terlihat tenang. Ia pun tidak menaruh curiga kepada para tersangka.


(ian)
iklan