Putin Bantah Campur Tangan Soal Brexit

MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin menegaskan, referendum Inggris terhadap masa depan negara itu di Uni Eropa (UE) secara eksklusif adalah masalah warga Inggris. Rusia belum dan tidak akan mengganggu dengan cara apapun proses Brexit.




"Saya ingin fokus sekali pada kenyataan bahwa yang disebut Brexit adalah pilihan warga Inggris dan kami belum dan tidak akan mengganggu proses ini," kata Putin pada pertemuan dengan diplomat Rusia seperti dilansir dari Sputnik, Kamis (30/6/2016).

Putin menambahkan bahwa hasil dari Brexit memiliki efek negatif yang besar pada pasar global, tetapi situasi pasti akan kembali pada jangka waktu pertengahan.


Pada tanggal 23 Juni, Inggris mengadakan referendum untuk menentukan akan tetap atau keluar dari Uni Eropa. Menurut hasil akhir, 51,9 persen pemilih, atau 17,4 juta orang, memutuskan untuk mendukung Brexit, sementara sekitar 16,1 juta menentangnya.

Sebelumnya, Perdana Menteri Inggris David Cameron secara tersirat menganggap komentar Putin telah mengintervensi publik Inggris untuk memilih Brexit. Cameron berujar bahwa Putin akan senang jika Inggris keluar dari Uni Eropa. sindonews
iklan