Perisai Rudal AS Bikin Moskow Waswas

MOSKOW - Pemerintah Rusia mengatakan, pihaknya berencana untuk membahas peningkatan keselamatan di wilayah udara di atas Laut Baltik. Rusia juga akan membahas risiko perisai rudal Amerika Serikat (AS) di Eropa pada puncak pertemuan dengan NATO pada pekan ini.



Pernyataan ini datang setelah serangkaian insiden dan nyaris berujung kecelakaan di wilayah udara Laut Baltik yang memicu ketegangan antara Moskow dengan NATO.

"Moskow berencana untuk meningkatkan keselamatan penerbangan di wilayah Laut Baltik, ketika perwakilan dari Rusia dan NATO bersidang di Brussels," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, dikutip dari Daily Star, Rabu (13/7/2016).



"Pada KTT dengan NATO, Moskow juga akan menekankan risiko terhadap stabilitas strategis yang telah muncul sebagai akibat dari pembangunan proyek sistem anti rudal AS dan NATO di Eropa," kata Zakharova.

Hubungan antara NATO dan Rusia telah memburuk sejak Moskow menganeksasi wilayah Crimea Ukraina pada Maret 2014 dan negara-negara Eropa Timur khawatir bahwa mereka juga akan menajdi target agresi Rusia.


(ian)
iklan