Menteri Perang ISIS Tewas Dibom Irak dan AS

MOSUL - Omar al-Shishani, salah seorang petinggi ISIS dilaporkan tewas dalam serangan udara yang dilancarakan oleh Amerika Serikat (AS) dan juga Irak. Al-Shishani tewas dalam pertempuran yang berlangsung di wilayah Mosul.


 
Kematian pria yang juga disebut Menteri Perang ISIS ini dibenarkan oleh media yang dijalankan oleh ISIS, Aamaq. Dalam laporannya, Aamaq menuturkan bahwa memeng benar al-Shishani tewas dalam pertempuran yang berlangsung di dekat Mosul.
 
"Al-Shishani tewas di kota al-Shirqat, dekat Mosul, ketika membantu menghentikan kampanye militer yang dilancarakan terhadap ISIS," bunyi laporan Aamaq, seperti dilansir Time pada Kamis (14/7).



 
Pria asal Chencen, Rusia itu sejatinya sudah beberapa kali dikabarkan tewas. Terahir, AS dan Irak menuturkan bahwa al-Shishani tewas dalam serangan yang dilancarkan pada bulan Maret lalu.
 
Namun, kala itu ISIS membantah bahwa al-Shishani tewas dalam serangan itu, dan menuturkan bahwa petinggi mereka tersebut hanya menderita luka-luka akibat pertempuran di dekat Mosul.
 


(esn)
iklan