Jepang Sebut Aktivitas Militer China di LCT Meningkat

TOKYO - Komandan militer Jepang mengatakan, aktivitas militer China di Laut China Timur (LCT) mengalami peningkatan. Hal ini bisa dilihat dari peningkatan jumlah pesawat tempur Jepang yang memberikan peringatan kepada pergerakan pesawat China yang meningkat dua kali lipat.
 
 


Dalam tiga bulan terakhir, Angkatan Udara Jepang telah 200 kali memberikan peringatan. Jumlah ini meningkat dibanding periode yang sama pada tahun lalu yang berjumlah 114 kali.

"Tampaknya aktivitas China meningkat di laut dan di udara," kata Kepala Angkatan Bela Diri Jepang, Laksamana Katsutoshi Kawano, seperti dikutip dari laman Reuters, Kamis (30/6/2016).
 
 


Jepang khawatir, meningkatnya aktivitas China di Laut China Timur sebagai reaksi atas janji Tokyo untuk mendukung negara-negara di Asia Tenggara, termasuk Filipina dan Vietnam, yang menentang klaim teritorial China di Laut China Selatan.

Kawano mengatakan, Jepang sangat prihatin terkait reaksi China terhadap putusan Pengadilan Arbitrase yang berbasis di Den Haag soal kasus yang diajukan oleh Filipina terhadap klaim China. Keputusan itu akan dikeluarkan pada 12 Juli mendatang.


(ian) sindonews
iklan