Ini Lokasi Sistem Rudal THAAD AS di Korsel

SEOUL - Korea Selatan (Korsel) telah mengumumkan lokasi untuk unit militer sistem anti rudal THAAD milik Amerika Serikat (AS). Korsel menunjuk Seongju sebagai lokasi sistem anti rudal itu, meski sebelumnya telah mendapat penolakan dari warga setempat.



Wakil Menteri Pertahanan Korsel, Rye Je-seung mengatakan, Seongju dipilih karena dapat memaksimalkan efektivitas militer THAAD, selain mempunyai standar lingkungan, kesehatan dan keselamatan yang baik. Namun, Je-seung tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai lokasi sistem anti rudal tersebut.




Menurut Je-seung, sistem rudal THAAD sengaja ditempatkan Seongju karena bisa melindungi dua per tiga wilayah Korsel dari kemungkinan ancaman nuklir dan rudal Korea Utara (Korut). Dia mengatakan, para pemimpin pertahanan Korsel telah menyetujui keputusan tersebut seperti dikutip dari USA Today, Rabu (13/7/2016).

Sebelumnya, sejumlah warga Seongju telah menolak jika wilayahnya menjadi lokasi sistem rudal THAAD. Mereka takut dengan potensi bahaya kesehatan yang ditimbulkan oleh sistem pertahanan rudal tersebut.

Keberadaan sistem anti rudal THAAD juga menuai protes dari China dan Rusia. Menurut mereka, keberadaan sistem anti rudal THAAD dapat membantu AS melacak keberadaan rudal milik mereka.


(ian)
iklan