Indonesia Tidak Punya Overlaping Claim dengan China

JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Indonesia menuturkan, Indonesia tidak memilikioverlaping claim, atau perebutan klaim wilayah. Sebelumnya, China menyebut bahwa pihaknya dan Indonesia memiliki klaim ganda di kawasan Natuna.


 
Juru bicara Kemlu menuturkann, sejauh ini Indonesia hanya memiliki overlaping claim di Natuna dengan Malaysia dan juga Vietnam, tepatnya pada wilayah Zona Ekonomi Eksklusif dengan kedua negara tersebut.
 
"Indonesia tidak memiliki overlaping claim di kawasan Natuna. Indonesia sejauh ini hanya memiliki overlaping claim di wilayah tersebut dengan Vietnam dan juga Malaysia," ucap Arrmanantha pada Rabu (13/7).



"Indonesia tidak memilki overlaping claim dengan China, hanya dengan Vietnam dan Malaysia pada wilayah ZEE, dan saat ini negosiasi dengan Malaysia dan Vietnam masih terus berlangsung," sambungnya.
 
Nelayan China diketahui kerap memasuki wilayah Natuna secara ilegal. China menyebut apa yang dilakukan oleh nelayan China di wilayahnya itu tidak salah, karena itu adalah lokasi tradisional memancing mereka, dan juga mengatakan Indonesia dan China memiliki perebutan klaim di wilayah itu.
 


(esn)
iklan