Hari Ini Korea Utara Tembakkan 3 Rudal Balistik

PYONGYANG - Militer Korea Utara (Korut) menembakkan tiga rudal balistik pada Selasa (19/7/2016) pagi. Militer Korea Selatan yang memantau manuver Korut itu mengklaim proyektil rudal yang ditembakkan memiliki jangkaun hingga 600 kilometer.
 
 


Penembakan tiga rudal balistik oleh rezim Pemerintah Kim Jong-un ini merupakan manuver terbaru dalam serangkaian tes rudal balistik yang kontroversial.

Tiga rudal diluncurkan dari pantai timur Korut ke arah laut pada pukul 05.45-06.20 waktu setempat. Rudal-rudal yang ditembakkan diduga jenis rudal Scud.
 
 
 


Menurut Staf Gabungan Militer Korea Selatan (JCS) rudal Scud mampu mencapai semua wilayah Korea Selatan. Militer Korea Selatan kini mengaku tidak bisa menutup mata atas perkembangan rudal negara tetangga yang jadi musuh tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Unifikasi Korea Selatan memperingatkan bahwa Korut sepenuhnya siap dan bisa melakukan uji coba senjata nuklir yang kelima. Meskipun sanksi PBB dan kecaman internasional kuat, Korut telah melakukan uji coba senjata nuklir pada tahun 2006, 2009 dan 2013, dengan yang terbaru dilakukan pada bulan Januari tahun ini, di mana rezim Kim Jong-un mengklaim sukses menguji coba miniatur bom hidrogen.

”Korut tampaknya sepenuhnya siap untuk melaksanakan uji coba nuklir setiap saat (ketika order diberikan oleh pemimpinnya Kim Jong-un). Korea Selatan sedang memantau setiap gerakan di situs uji coba (Korea) Utara dengan bekerjasama dengan negara Amerika,” kata juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan, Jeong Joon-hee, pada konferensi pers reguler.

Kantor berita Yonhap melaporkan, selama akhir pekan, laporan data intelijen Amerika dan Korea Selatan menunjukkan adanya peningkatan aktivitas di situs uji coba nuklir Korut di Punggye-ri.


(mas)
iklan