China Bersiap Gelar Latihan Militer di Laut China Selatan

BEIJING - Pemerintah China dikabarkan akan menggelar latihan militer di kawasan Laut China Selatan. Menurut Admisnistrasi Keselamatan Maritim (MSA) China, latihan militer itu akan dimulai pada tengah pekan ini.
 
 


Menurut laporan MSA, latihan akan berlangsung pada empat titik di Laut China Selatan mulai Kamis mendatang. Namun, MSA tidak merinci di mana saja titik-titik yang akan menjadi lokasi latihan militer itu.

"Kapal sipil akan dilarang memasuki wilayah tersebut selama latihan digelar," kata MSA dalam laporannya, seperti dilansir Sputnik pada Senin (18/7).

 


 

Pengumuman akan digelarnya latihan militer ini datang hanya sepekan paska keputusan Pengadilan Arbitrase Internasional mengenai kawasan tersebut. Dalam putusannya, Pengadilan Arbitrase menuturkan bahwa China tidak memiliki hak atas wilayah itu, dan China harus mematuhi hukum laut internasional PBB atau UNCLOS.

China sendiri sedari awal menyatakan tidak akan pernah menerima hasil putusan pengadilan itu. Latihan militer ini seperti penegasan atas putusan, yang kasus diajukan oleh Filipina pada tahun 2013 lalu.


(esn)
iklan