Takut Serangan Tak Terduga Rusia, Norwegia Perbarui Alutsista

OSLO - Norwegia mengumumkan rencana meningkatkan alutsista militer terbesar sejak akhir Perang Dingin untuk meningkatkan pertahanannya terhadap serangan tidak terduga Rusia.



Negara Skandinavia anggota NATO itu berencana membeli jet tempur baru dan kapal selam untuk meningkatkan kemampuan melindungi diri dari Rusia di perbatasan Arktik. Norwegia diramalkan akan membeli 52 jet tempur F-35 dan empat kapak selam, serta pesawat pengintai baru untuk mengganti enam pesawat P-3 Orion yang dinilai sudah tua.

"Kami memiliki tetangga yang semakin tak terduga di Timur, yang memperkuat kapasitas militernya dan menunjukkan kesediaan untuk menggunakan kekuatan militer sebagai alat politik," kata Perdana Menteri Norwegia, Erna Solberg, seperti dikutip dari France24, Minggu (19/6/2016).

Soldberg mengatakan, kekuatan militer negaranya saat ini tidak sesuai dengan situasi geoplotik dan menggambarkan rencananya itu sebagai upaya pertahanan terbesar dalam sejarah sejak akhir Perang Dingin.

"Sayangnya keadaan geopolitik telah berubah secara signifikan, dengan cara yang buruk, dalam beberapa tahun terakhir," tukas Soldberg.


(iansindonews
iklan