Serpihan Rudal Korut Ditemukan di Jepang

TOKYO - Sebuah fragmen yang diduga berasal dari rudal milik Korea Utara (Korut) telah ditemukan di dekat pantai Jepang. Potongan rudal itu ditemukan pada hari Jumat yang lalu.



Seperti dikutip dari laman Express, Minggu (19/6/2016), potongan rudal itu ditemukan di lepas pantai barat daya Semenanjung Korea dekat dengan Tottori Prefecture.

Jepang telah memantau aktivitas balistik Korut sejak Kim Jong-un meluncurkan satelit ke luar angkasa. Jong-un telah bersumpah untuk terus meningkatkan kemampuan nuklir negaranya meski mendapat peringatan berulang kali dari PBB.

Militer Jepang kini berencana untuk meningkatkan teknologi pencegat rudal mereka dalam upaya menghentikan perilaku provokatif Korut. Jepang menggunakan pencegah rudal PAS-3 yang saat akan mendapatkan peningkatan kemampuan. Sistem baru ini diharapkan akan beroperasi dalam lima tahun ke depan.

Jepang adalah salah satu dari sejumlah negara yang telah menuntut dimulainya program denuklirisasi terhadap Korut. Namun, pemberian sanksi kepada Korut tampatkan tidak mengurangi keinginan Kim Jong-un untuk menghentikan program nuklirnya. Pada bulan Januari, para pejabat Pyongyang mengklaim mereka telah berhasil menguji bom hidrogen.


(iansindonews
iklan