Rusia Siap Produksi Jet Siluman Generasi Terbaru

MOSKOW - United Aircraft Corporation (UAC), perusahaan pembuat jet tempur Rusia dilaporkan siap untuk memproduksi jet tempur siluman generasi terbaru, yakni T-50. T-50 adalah jet tempur siluman generasi kelima Rusia.
 
 


Seorang sumber di UAC menuturkan, pihaknya sedang mempersiapkan laporan awal untuk membuat kelompok pertama pesawat yang juga dikenal sebagai Airborne Complex Calon Frontline Aviation (PAK FA), untuk Angkatan Udara Rusia. Dalam kelompok pertama itu, UAC akan membuat 12 jet T-50.

Sumber itu, seperti dilansir Sputnik pada Jumat (17/6), mengatakan uji coba terakhir T-50 akan dilakukan pada tanggal 20 Juni mendatang. Uji coba itu akan dilakukan di Komsomolsk-on-Amur, yang berada di timur Rusia.

"Jet sudah sepenuhnya memenuhi persyaratan kemampuan tempur militer untuk pesawat tempur generasi kelima," kata sumber yang berbicara dalam kondisi anonim.

"Saat ini sudah aman bagi kami untuk mengatakan bahwa dengan pesawat ini akan segera diproduksi, T-50 kini dilihat sebagai sebuah unit tempur dan siap untuk produksi massal untuk kepentingan Angkatan Udara Rusia," sambungnya.

Sebelumnya, komandan Angkatan Udara Rusia, Viktor Bondarev mengatakan, bahwa Angkatan Udara Rusia akan menerima jet T-50 mulai awal 2017 mendatang.


(esn) sindonews
iklan