Ratu Elizabeth II Tidak Ikut Campur Soal Brexit

LONDON - Pihak istana Buckingham Palace menyatakan, Ratu Elizabeth II tidak ikut ambil bagian dalam politik. Pernyataan ini dilontarkan pihak istana, setelah dua surat kabar terbesar Inggris menyeret Ratu dalam diskusi soal Brexit.



"Ratu Elizabeth II tidak turut dalam perpolitikan dan dalam hal politik bertindak atas saran pemerintah. Referendum adalah masalah yang diputuskan oleh rakyat Inggris," kata juru bicara istana, seperti dikutip dari laman Xinhua, Rabu (22/6/2016).



Sebelumnya, Daily Express dan The Sun menerbitkan laporan yang menyatakan Ratu Elizabteh meminta diberikan tiga alasan mengapa Inggris harus bertahan di Uni Eropa (UE).

”Beri saya tiga alasan bagus mengapa Inggris harus menjadi bagian dari Eropa,” kata Ratu Elizabeth II, kepada teman makan malamnya, seperti ditirukan Robert Lacey, penulis biografi sang ratu.

Komentar Ratu Elizabeth II itu, kata Lacey, mungkin sebagai dukungan bahwa Inggris harus hengkang dari Uni Eropa. "Istana telah berhati-hati untuk tidak mendefinisikan pandangannya, juga menyangkal bahwa simpatinya kemungkinan, seperti yang terjadi pada banyak kesempatan, telah mengarah kepada Brexit," kata Lacey. 

(iansindonews
iklan