Putin: Pengembangan Rudal Rusia Capai Keberhasilan Besar

ST PETERSBURG - Presiden Rusia Vladimir Putin mengungkap bahwa pengembangan sistem rudal pertahanan Rusia mencapai keberhasilan besar.
 
 


Putin memastikan, sistem rudal Rusia menjadi penjamin keseimbangan kekuatan dunia.

”Kami akan menyempurnakan kemampuan serangan rudal kami untuk memberikan keseimbangan, hanya karena itu,” ucap Putin dalam forum ekonomi internsional di St. Petersburg, Rusia, hari Jumat.

Pemimpin Kremlin juga menekankan bahwa Moskow akan dipaksa untuk menanggapi ekspansi Barat meskipun fakta bahwa hal itu akan membuat Rusia dituduh melakukan agresi.

”Mulai dari tahun 2000 Rusia telah berada di posisi yang sangat sulit. Siapa yang akan berpikir bahwa Rusia akan mampu membangun pertahanan strategis,” kata Putin, seperti dikutip Sputniknews, Sabtu (18/6/2016).

“Tapi kami telah memperingatkan bahwa kami akan melakukannya, kita mengatakan tentang hal itu dan kami melakukannya. Saya yakinkan Anda bahwa hari ini Rusia telah mencapai keberhasilan besar di jalan ini,” ujar Putin.

Sistem pertahanan rudal telah menjadi masalah pelik antara Rusia dan Barat, di mana rudal perisai NATO sudah dipasang di Rumania bulan lalu. Rencananya, instalasi serupa juga akan dipasang di Polandia.

Rusia menilai kemampuan roket jarak jauh Amerika Serikat (AS) juga sudah menjadi ancaman.

”Kami bahkan tidak tahu kira-kira tahun berapa, Amerika akan mendapatkan roket baru yang tidak hanya (mencapai) 500 kilometer, tapi 1.000 (kilometer), dan kemudian lebih, dan sejak saat itu mereka akan mulai mengancam potensi nuklir kami,” imbuh Putin.


(massindonews
iklan