Posisi Indonesia Tak Berubah soal Kisruh Laut China Selatan

JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Indonesia menegaskan bahwa posisi Indonesia terkait dengan krisis sengketa Laut China Selatan tidak berubah. Indonesia tetap ingin mengimplementasikan secara penuh Declaration of Conduct (DoC).


 
"Kita akan tetap pada posisi dasar Indonesia, kemungkinan besar tidak akan berubah dalam 20 tahun kedepan, yakni implementasi dari DoC secara penuh dan efektif, salah satunya adalah penyelesaian Code of Conduct (CoC)," ucap Direktur Mitra Wicara dan Intra Kawasan ASEAN, Derry Aman, pada Kamis (9/6/2016).


 
Pemerintah Indonesia, kata Derry, juga terus menyerukan kepada seluruh negara yang terlibat dalam sengketa maritim itu untuk bisa menahan diri. Menurutnya, dengan menahan diri maka situasi di kawasan tersebut akan tetap kondusif.
 
"Kita akan terus menekankan kepada semua pihak, dalam konteks kondisi di lapangan, dan yang paling utama yang harus dilakukan adalah menahan diri, dengan tidak melakukan apapun, tidak melakukan provokasi,” katanya.
 
”Penyelesaian sengketa harus dilaksanakan dengan damai, tanpa kekerasan atau penggunanaa kekuatan militer, serta menghormati proses hukum,” imbuh Derry.


(massindonews
iklan