Pertama Kali Jet Tempur AS Beroperasi dengan Senjata Laser

WASHINGTON - Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) untuk pertama kalinya mengoperasikan pesawat jet tempur yang dilengkapi senjata yang dipandu laser di Irak dan Afghanistan.



Operasi anti-teror yang diluncurkan AS di Irak dan Afghanistan selama ini mengadalkan armada pesawat jet tempur F-16 dan pesawat A-10.

”Angkatan Udara AS telah mengakuisisi BAE Systems' Advanced Precision Kill Weapon System (APKWS), roket yang dipandu laser,” bunyi pernyataan kontraktor pertahanan BAE System yang dikutip dari situs resminya, baesystems.com, Selasa (14/6/2016).

”Pengerahan, menandai pertama kalinya sistem ini telah digunakan dalam operasi tempur dari platform sayap tetap Angkatan Udara,” lanjut pernyataan kontraktor pertahanan itu.

Sistem ini memodifikasi roket Hydra tua dengan menambahkan peralatan canggih, termasuk laser yang menghemat biaya.

”Desain roket inovatif APKWS  'plug and play' memungkinkan untuk menggunakan sistem ini pada berbagai platform," kata David Harrold, juru bicara BAE Systems, dalam pernyataan itu.

Sebelum pengumuman ini muncul pada hari Senin, sistem senjata itu sudah diuji pada jet AV-8B Harrier Korps Marinir AS dan helikopter Apache Angkatan Darat AS.


(massindonews
iklan