Pakai Helikopter, Polisi Nakal Inggris Rekam Warga yang "Bercinta"

SOUTH YORKSHIRE - Beberapa aparat polisi “nakal” di South Yorkshire, Inggris, terungkap merekam masyarakat yang sedang berhubungan badan. Mereka menggunkan helikopter untuk merekam aktivitas privasi publik tersebut.



Mereka dibawa ke pengadilan di Sheffield, pada Selasa (7/6/2016) atas tuduhan menyalahgunakan jabatan. Selain merekam warga yang “bercinta”, para oknum polisi itu juga merekam orang-orang yang sedang tidak mengenakan busana.

Ada empat tindakan penyimpangan yang dilakukan para aparat penegak hukum itu antara tahun 2007 dan 2012.



Para warga yang jadi korban, termasuk model “Page 3” yang berjemur tanpa busana di kebunnya tidak tahu jika aktivitas mereka direkam.

”Penyelidikan berkaitan dengan film yang tidak sah saat menggunakan helikopter,” bunyi pernyataan kepolisian South Yorkshire melalui seorang juru bicara.

“Dugaan penyimpangan, yaitu mengamati dan merekam orang telanjang tanpa sepengetahuan dan persetujuan,” imbuh laporan South Yorkshire Post.

Para terdakwa termasuk petugas polisi yang masih aktif bertugas yakni, Sersan Matthew Lucas, 41, dan Walls Constable Lee, 46. Namun, keduanya kini telah diskors dari tugasnya.

Para terdakwa menggunakan Helikopter SY99 yang dilengkapi kamera Wescam MX15. Kamera itu bisa digunakan untuk mengintai aktivitas pada malam hari dan siang hari.

“Ini rumah dua kamera pada siang hari dan satu kamera thermal imaging, yang menangkap gambar video yang kemudian ditampilkan pada monitor berwarna di dalam pesawat,” kata pihak kepolisian South Yorkshire di situsnya dalam menjelaskan kemampuan helikopter dan kamera tersebut.

Para terdakwa lainnya adalah pilot helikopter Matius Loosemore, 44, dari Doncaster, dan Malcolm Reeves, 63, dari Knaresborough, North Yorkshire, yang sekarang sudah pensiun.


(massindonews
iklan