NATO Gelar Latihan Militer Besar-besaran di Polandia

WARSAWA -  NATO dilaporkan telah melakukan latihan militer besar-besaran yang berlangsung di Polandia. Latihan militer ini diikuti oleh setidaknya 20 negara anggota aliansi tersebut.



Selama lebih dari 10 hari, sekitar 30 ribu lebih tentara yang didukung oleh sejumlah besar kendaraan, pesawat terbang dan kapal akan terlibat dalam latihan yang disebut-sebut terbesar pada sisi timur NATO sejak akhir Perang Dingin.



Latihan yang diberi nama Anakonda-16 akan meliputi beragam manuver, seperti serangan malam dengan menggunakan helikopter dan aksi pasukan terjun payung Amerika Serikat (AS) untuk membangun jembatan sementara di atas sungai Vistula. Latihan ini digelar satu bulan sebelum pertemuan puncak NATO di Warsawa.

"Tujuan dari Anakonda-16 adalah untuk melatih dan mengintegrasikan perintah Polandia dan kekuatan struktur nasional menjadi sekutu," kata militer AS di Eropa, seperti dilansir Reuters pada Senin (6/6).

AS sendiri akan menerjunkan 14 ribu pasukan dalam latihan ini, yang merupakan kontingen asing terbesar dalam latihan tersebut. Negara-negara non-NATO seperti Swedia dan Finlandia juga mengambil bagian dalam latihan tersebut.


(esnsindonews
iklan