Korut Kerahkan Nuklir ke Pantai Timur, Jepang-Korsel Siaga

SEOUL - Korea Utara (Korut) dilaporkan telah mengerahkan rudal balistik jarak menengah, yang diduga membawa hulu ledak nuklir ke pantai timur negara mereka. Ini membuat Jepang dan Korea Selatan (Korsel) was-was.


 
"Kami telah mendeteksi tanda-tanda bahwa Korut mengerahkan apa yang tampaknya menjadi sebuah rudal Musudan," kata seorang pejabat militer Korsel, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (21/6).
 
Pejabat yang berbicara dalam kondisi anonim itu mengatakan, pihaknya terus memantau pergerakan militer Korut di wilayah pantai timur paska pengerahan rudal tersebut. Sejauh ini, lanjut pejabat itu, belum ada tanda-tanda Korut akan melakukan peluncuran.
 
Sementara itu, menurut laporan kantor berita Yonhap yang mengutip sumber pemerintah Jepang, Menteri Pertahanan Jepang Jenderal Nakatani telah memerintahkan untuk menghancurkan setiap rudal Korut yang melintasi atau mendekati wilayah Jepang.
 
Korut sendiri memang getol melakukan uji coba rudal balistik mereka, baik itu jarak menangah ataupun jarak jauh. Dalam uji coba terakhir yang dilakukan bulan lalu, diketahui rudal yang mereka uji coba mengalami kegagalan.
 


(esnsindonews
iklan