Komandan Militer Irak Tewas dalam Pertempuran Lawan ISIS

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Seorang komandan militer senior Irak dilaporkan tewas saat berperang melawan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Rabu (15/6). Pihak berwenang mengatakan peperangan berlangsung di wilayah utara negara itu. 



Dikutip dari Belfast Telegraph, kepala militer yang tewas itu adalah Brigadir Ahmed Badr al-Luhaibi. Ia tewas oleh penembak jitu dalam operasi merebut kembali sebuah desa yang dikuasai ISIS di sekitar Kota Mosul. 

Kematian Ahmed membuat pasukan militer Irak merasa perlu meningkatkan upaya dalam menggempur ISIS. Setidaknya, serangan untuk memukul mundur kelompok militan itu akan dilakukan di hampir seluruh Provinsi Nineveh, wilayah Kota Mosul berada. 

Selama ini, ISIS telah memegang kontrol atas kota terbesar kedua di Irak. Setidaknya dalam dua tahun terakhir, upaya untuk mengusir kelompok teroris itu dilakukan. 

Selain Mosul, pasukan militer Irak juga tengah berjuang merebut kembali kendali Fallujah, kota yang terletak di Provinsi Anbar. Pekan ini, operasi kecil untuk mengusir ISIS secara intensif dilakukan.
iklan