Kapal Patroli China Bayangi Latgab AS-Jepang di Pasifik

TOKYO -  Seorang pejabat Jepang menuturkan, sebuah kapal observasi China membayangi kapal induk Amerika Serikat (AS) USS John C. Stennis di Pasifik Barat. Kapal induk itu dibayangi saat akan melakukan latihan gabungan dengan Jepang dan India.


 
USS Stennis, yang membawa jet tempur F-18, bergabung bersama sembilan kapal Angkatan Laut lainnya, termasuk kapal pembawa helikopter Jepang dan frigat India di perairan Okinawa. Pesawat patroli Jepang juga akan ikut dalam latihan gabungan yang dijuluki Malabar itu.
 
Menurut pejabat Jepang itu, USS Stennis memang memiliki tugas untuk menarik kapal-kapal pemantau China dari wilayah latihan gabungan. Ini dilakukan agar China tidak bisa mengintip latihan yang dilakukan ketiga negara tersebut.
 
"Stennis, yang telah diikuti oleh kapal Cina sejak berpatroli di Laut Cina Selatan, akan berlayar terpisah dari kapal lain. Kapal itu akan bertindak sebagai "umpan" untuk menarik kapal China menjauhi wilayah latihan gabungan," kata pejabat itu, yang berbicara dalam kondisi anonim, seperti dilansir Reuters pada Rabu (15/6).
 
Latihan gabungan ini sendiri memang dilakukan karena AS dan Jepang khawatir Beijing akan memperluas pengaruhnya ke Pasifik Barat dengan kapal selam dan kapal permukaan. Kedua negara itu khawatir China akan turut mengklaim wilayah Pasifik Barat.
 


(esnsindonews
iklan