Jet Tempur Vietnam Hilang di Laut China Selatan

HANOI - Sebuah jet tempur Vietnam buatan Rusia menghilang dari radar saat melakukan penerbangan latihan di sepanjang garis pantai Laut China Selatan negara itu. Demikian pernyataan seorang pejabat militer Vietnam.



Sukhoi Su-30 MK2 terbang sekitar 30-40 km di lepas pantai provinsi Nghe An, di sebelah pulau Hainan, China ketika dinyatakan hilang. Peristiwa ini membuat militer Vietnam menangguhkan penerbangan jenis pesawat yang sama.

"Kami belum berhasil menemukan jet tersebut, kami masih mencarinya," kata Wakil Kepala Staf militer Vietnam, Letnan Jenderal Vo Van Tuan. Ketika ditanya tentang alasan hilangnya pesawat jet tersebut, Tuan mengaku belum mengetahuinya. "Kita harus mencari tahu tentang itu," seperti dikutip dari Reuters, Selasa (14/6/2016).

Insiden ini mengikuti serangkaian kecelakaan dalam dua tahun terakhir dan terjadi ketika Vietnam mengkalibrasi ulang strategi pertahanan dan mengawasi penumpukan militer terbesar dalam empat dekade. Vietnam diketahui tengah berusaha memoderninasasi kemampuan pertahanannya untuk mencegah peningkatan militer Beijing dan ketegasan yang berkembang di Laut China Selatan.

China mengklaim sebagian besar Laut China Selatan yang kaya energi di mana nilai perdagangannya mencapai sekitar USD5 triliun setiap tahunnya. Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam juga mempunyai klaim yang sama.


(iansindonews
iklan