Jepang Sebut Uji Coba Rudal Korut sebagai Ancaman

TOKYO - Menteri Pertahanan Jepang mengatakan, salah satu rudal yang diluncurkan Korea Utara berhasil mencapai ketinggian lebih dari 1.000 km. Hal ini menujukkan rezim Pyongyang telah membuat kemajuan dalam pengembangan rudal balistik jarak menengah (IRBM).



Jarak yang berhasil ditempuh oleh rudal itu secara teoritis telah mencapai setengah dari jarak menuju pantai barat daya pulau utama Jepang, Honshu. "Rudal itu mencapai ketinggian 1.000 km, yang menunjukkan Korut telah membuat kemajuan dalam program rudal," kata Menteri Pertahanan Jepang, Jenderal Nakatani.



"Kami tidak tahu apakah itu dianggap sebagai sukses, namun Korea Utara telah menunjukkan beberapa kemampuan dengan IRBM," imbuh Nakatani, seperti dikutip dariReuters, Rabu (22/6/2016).

Nakatani mengatakan, peluncurkan rudal Korut dalah provokasi serius dan tidak bisa ditoleransi. "Ancaman ke Jepang semakin meningkat," kata Nakatani kepada wartawan di Tokyo.

Diberitakan sebelumnya, Korut kembali menguji tembak rudal balistik Musudan dari pantai timur. Uji tembak rudal balistik jarak menengah ini dilaporkan mengalami kegagalan.

Beberapa jam setelah peluncuran pertama, militer Pyongyang juga menembakkan rudal lain yang juga diduga Musudan. Peluncuran yang kedua ini belum diketahui apakah berhasil atau tidak.


(iansindonews
iklan