Brexit Menginspirasi Texas untuk Merdeka dari AS

TEXAS - Keputusan rakyat Inggris untuk pisah dengan Uni Eropa alias Brexit telah menginspirasi  masyarakat Texas untuk merdeka dari Amerika Serikat (AS).



Gerakan Nasionalis Texas berhadap bisa memisahkan diri dari AS atau “Texit” pada sebuah Pemilu lokal tahun 2018.

Ketua Gerakan Nasionalis Texas, Daniel Miller, mengklaim bahwa Texas mampu merdeka dan nilai ekonominya USD1,6 triliun per tahun, yang akan menjadi salah satu dari 10 besar kekuatan ekonomi dunia.



“Gerakan Nasionalis Texas secara resmi menyerukan Gubernur Texas untuk mendukung suara yang sama untuk warga Texas,” kata kelompok itu seperti dikutip IB Times, Senin (27/6/2016).

”Sekarang penting bagi Texas untuk melihat ke Brexit sebagai inspirasi dan contoh yang juga bagi Texas untuk dapat mengontrol nasib kami,” kata Miller dalam sebuah pernyataan.

”Ini adalah waktunya untuk warga Texas untuk rali dengan kami dan berjuang untuk hak guna menjadi bangsa yang berpemerintahan sendiri,” lanjut Miller.

Pada 1836-1845 Texas adalah bangsa yang merdeka, setelah Revolusi Texas melawan Meksiko. Namun, kemudian wilayah itu menjadi negara bagian ke-28 dari AS, yang mengacu pada Perang Meksiko-Amerika.

Gerakan Nasionalis Texas mengklaim memiliki lebih dari 260.000 tanda tangan pendukung yang akan diajukan kepada Gubernur Texas untuk menyuarakan kemerdekaan.

Pemerintah negara bagian Texas maupun Pemerintah Federal AS belum berkomentar atas munculnya suara untuk memerdekakan Texas dari AS.


(mas)
iklan