Assad Bahas Kerjasama Militer dengan Menhan Rusia

DAMASKUS - Presiden Suriah, Bashar al-Assad bertemu dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia, Sergei Shoigu selama kunjungan ke ibukota Suriah. Dalam pertemuan ini, keduanya membahas kerjasama militer kedua negara.



Media pemerintah Rusia tidak mengungkapkan rincian dari kunjungan Shoigu yang tak diumumkan sebelumnya itu. Shoigu hanya mengatakan, ia dikirim ke Damaskus oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Namun, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, kunjungan itu membahas kerjasama teknis militer antara kedua negara dan perang melawan pemberontak, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (19/6/2016).

Intervensi militer Rusia di Suriah pada bulan September membantu mengubah gelombang perang pendukung Assad, setelah berbulan-bulan keuntungan berada di pihak pemberontak. Kelompok pemberontak mendapat sokongan perlengkapan militer asing, termasuk rudal anti-tank buatan AS.

Rusia, yang telah secara intensif membom daerah oposisi di Suriah, disalahkan oleh aktivis oposisi dan HAM atas tewasnya ratusan warga sipil. Rusia juga dituding sengaja menargetkan rumah sakit, sekolah dan infrastruktur. Para aktivis HAM menuding Rusia melakukan serangan membabi buta.

Washington dan beberapa negara Barat lainnya, yang meminta Assad untuk mundur, menuduh Rusia memfokuskan serangan terhadap pasukan pemberontak moderat yang disebut Tentara Pembebasan Suriah (FSA) dan kurang menyerang ISIS.


(iansindonews
iklan