Sekelompok Teroris Berencana Serang Ibu Kota Rusia

MOSKOW – Sekelompok orang yang berasal dari negara-negara Asia Tengah telah ditahan oleh badan keamanan Rusia (FSB). Mereka diduga akan melakukan serangan teror besar-besaran selama digelarnya perayaan hari kemenangan Rusia atas Jerman pada Perang Dunia II (V-Day.

Kami telah menemukan sejumlah senjata, bahan peledak, dan peralatan teroris lainnya. Para pelaku diduga akan menembakkan senjata ke kerumunan ramai saat digelarnya perayaan di jalan-jalan pada 9 Mei 2016,” ujar Dinas Keamanan Federal (FSB), sebagaimana dikutip dari Russia Today, Kamis (5/5/2016).
Menurut pihak keamanan Rusia, pelaku teror adalah mantan warga republik Soviet yang berpusat di Moskow dan berencana akan melakukan serangan teror di pusat Kota ibu kota Negeri Beruang Merah tersebut.
Mereka yang ditahan telah membuat sebuah pengakuan dan diketahui pula para teroris itu bekerja atas perintah dari pemimpin mereka yang berada di Suriah dan Turki.
Berdasarkan informasi dari FSB, mereka yang ditahan berjumlah sekira 12 orang. Para teroris itu tinggal di sebuah apartemen yang berlokasi di pinggiran Kota Moskow. Sembilan orang di antara para tersangka adalah warga negara Uzbekistan, satu dari Kirghistan dan dua orang adalah warga Rusia sendiri.
Petugas keamanan melaporkan bahwa mereka mendapatkan bukti yang menyinyalirkan para pelaku melakukan komunikasi dengan jaringan teroris yang berada di Turki dan Suriah melalui telefon genggam mereka.
Mereka yang ditangkap dilaporkan telah dibawa menuju kantor pusat FSB di Lubyanka.
(FIK)

okezone
iklan