Rusia Siap Hidupkan Kembali Sistem Pertahanan Era Soviet

MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia dikabarkan bersiap untuk menghidupkan kembali sistem pertahanan udara era Uni Soviet yang berada di dekat Sevastopol. Sistem ini kelak akan melindungi Crimea dari serangan udara.



Menurut seorang pejabat di Kemhan Rusia, pihaknya memiliki dua opsi untuk menghidupkan kembali sistem pertahanan udara itu. Pertama membangun ulang, atau kedua memperbaharui sistem yang sudah ada.

"Pilihan kedua lebih murah dan membayangkan instalasi atas dasar peralatan yang tersisa dari stasiun analog yang belum selesai dari masa Uni Soviet," katanya, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (17/5).

Sistem pertahanan udara ini, menurut pejabat itu dapat mendeteksi berbagai jenis rudal yang diluncurkan dari Laut Hitam dan juga Laut Mediterania. Sistem pertahanan ini ditujukan untuk melindungi wilayah selatan dan tenggara Rusia, dimana Crimea berada di dalamnya.

Crime adalah wilayah yang dahulunya adalah bagian dari Ukraina. Dua tahun lalu wilayah yang berada di semenanjung Laut Hitam itu menggelar referendum, dan memutuskan untuk lepas dari Ukraina dan bergabung dengan Rusia.

Ukraina sendiri sampai saat ini tidak mengakui hasil referendum itu, dan menuding Rusia mencaplok wilayah mereka. Kiev berkali-kali menuturkan akan berusaha untuk bisa mendapatkan kembali wilayah itu.


(esnsindonews
iklan