Rusia Sebut Pesawat AS Menyelinap Masuk Perbatasan

MOSKOW - Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia membantah klaim Pentagon yang menyatakan jet Rusia telah mencegat sebuah pesawat militer Amerika Serikat (AS) mendekati perbatasan di Laut Baltik. Rusia menyatakan, jet mereka melakukan misi berdasarkan peraturan internasional.



"Semua penerbangan dari pesawat Rusia dilakukan sesuai dengan peraturan internasional tentang penggunaan wilayah ydara," kata Kemhan Rusia dalam sebuah pernyataan, disitir dari Xinhua, Sabtu (30/4/2016).

Sebaliknya, Kemhan Rusia menyatakan bahwa pesawat AS sedang berusaha untuk menyelinap ke perbatasan Rusia dengan transponder yang dimatikan sepanjang waktu. "Pihak Rusia pun harus menerbangkan pesawat untuk mengidentifikasi jenis pesawat AS," bunyi pernyataan itu.

Pada hari Jumat, Pentagon mengatakan pesawat pengintai Angkatan Udara AS RC-135 yang terbang di wilayah udara internasional telah dicegat jet tempur Su-27 Rusia dengan cara yang "tidak aman dan tidak profesional".

Pentagon menyatakan, pesawat jet tempur Su-37 Rusia melakukan manuver “barrel roll” di depan pesawat mata-mata RC-135 Amerika Serikat (AS) pada jarak 25 kaki atau sekitar 7,6 meter.


(ian)
sindonews
iklan