Rudal Korea Utara Gagal Meluncur

VIVA.co.id – Pejabat militer Korea Selatan mengatakan, Korea Utara gagal menembakkan rudal jarak menengah, Musudan, dari pantai timur Wonsan, pada Selasa pagi. Upaya peluncuran rudal dilakukan sekitar pukul 05.20 waktu setempat.

Sebelumnya, Jepang sudah memberikan peringatan militer, pada Senin, yang mengatakan adanya kemungkinan peluncuran rudal balistik negeri Kim Jong-un itu.
"Korea Utara melakukan upaya untuk meluncurkan rudal jarak menengah, Musudan. Rudal ini sebelumnya sudah diuji coba sebanyak tiga kali sejak bulan April dan semuanya gagal," bunyi keterangan dari kantor berita Yonhap, seperti dikutip dari situs Reuters, Selasa, 31 Mei 2016.

Hingga saat ini, Korea Utara belum pernah sukses meluncurkan Musudan, yakni sebuah rudal yang secara teori mampu menyerang hingga ke bagian negara Jepang dan Guam di AS.
"Upaya peluncuran dilakukan di dekat kota pantai Timur Wonsan, daerah yang sama ketika uji coba peluncuran Musudan sebelumnya dilakukan," kata pejabat Korea Selatan, yang tak disebutkan identitasnya.
Uji coba tes teknologi ini dilakukan usai penyelenggaraan Kongres Partai Buruh Korea Utara yang diperkirakan membicarakan rencana peluncuran rudal nuklir. Upaya peluncuran rudal Musudan ini dinilai upaya pertama yang dilakukan sejak saat itu.
iklan