Putin dan ISIS Bahagia Jika Inggris Keluar Uni Eropa

LONDON – Perdana Menteri Inggris David Cameron yakin ISIS dan Presiden Rusia Vladimir Putin akan berteriak kegirangan jika Negeri Ratu Elizabeth memutuskan keluar dari Uni Eropa (UE). Nasib Inggris di UE masih akan ditentukan pada referendum 23 Juni 2016.

Seperti diketahui, politikus Partai Konservatif itu menjadi penentang utama keluarnya Inggris dari UE atau yang dikenal dengan Brexit. Pernyataan Cameron itu dilontarkan kepada hadirin di Mansion House, London.
“Sebuah pertanyaan yang cukup bagus. Siapakah yang bahagia jika Inggris keluar dari UE? Putin mungkin bahagia. Saya pikir al Baghdadi (pemimpin ISIS) juga bahagia,” ujar Cameron, seperti dimuat ITV, Rabu (18/5/2016).
Mantan Wali Kota London, Boris Johnson, menuduh Cameron resah sepanjang debat dengan mereka yang memilih Inggris keluar. Menurut pria eksentrik itu, terlalu berlebihan jika menyamakan ISIS adalah pendukung Brexit.
“Terlalu berlebihan membandingkan orang yang berdebat untuk kebebasan berpendapat atau mengembalikan demokrasi di negara ini dengan mengatakan sekutu kami adalah ISIS dan Putin,” tudingnya. Johnson sendiri dikenal sebagai salah satu figur ternama yang mendukung Brexit.
(wab)
iklan