Presiden Korsel Lakukan Kunjungan Bersejarah ke Iran

TEHRAN – Presiden Korea Selatan (Korsel) Park Geun-hye tiba di ibu kota Teheran, Iran, untuk melakukan kunjungan bersejarah guna memperkuat hubungan politik dan ekonomi antara kedua negara.

Park mendarat di Mehrabad Airport pada Minggu 1 Mei 2016 untuk melakukan kunjungan resmi selama tiga hari bersama perwakilan dari 236 perusahaan dan organisasi Korsel. Kedatangan Presiden Geun-hye disambut langsung oleh Menteri Industri, Pertambangan, dan Perdagangan Iran Mohammad Reza Nematzadeh.
Sebagaimana dikutip dari Press TV, Senin (2/5/2016), presiden kedua negara diperkirakan akan membahas berbagai isu, mulai energi, infrastruktur hingga perkembangan di Timur Tengah serta Semenanjung Korea. Kedua pihak juga dikabarkan akan menandatangani perjanjian yang berjumlah lebih dari EUR10 miliar.
Korsel selama ini diketahui sangat tertarik terlibat dalam sejumlah proyek-proyek pembangunan di Iran dan memperluas kerja sama ekonomi, teknologi komunikasi, informasi, kesehatan, serta budaya dengan Negeri Para Mullah tersebut.
Selama ini Pemerintah Korsel adalah importir utama minyak mentah Iran. Pembelian tersebut meningkat drastis, terutama setelah dicabutnya sanksi nuklir Iran.
Pada tahun lalu, Pemerintah Korsel mengimpor USD2,20 miliar minyak mentah dari Iran. Jumlah tersebut mengalami penurunan sekira 51 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.
Tapi dalam tiga bulan pertama tahun ini, impor Korsel terhadap minyak mentah Iran mengalami lonjakan drastis sekira 17,6 persen yaitu mencapai USD629 juta.
(FIK)
okezone
iklan