Pemerintah Inggris Buat Bangunan Termahal di Dunia

HINCKLEY - Pemerintah Inggris rencananya akan membangun sebuah stasiun tenaga nuklir terbaru. Bangunan tersebut diklaim oleh pihak Greenpeace sebagai objek paling mahal yang pernah ada di muka bumi.


Menurut lembaga Greenpreace, pembangunan pembangkit listrik di Hinckley, Somerset menelan biaya hingga USD8-USD34 miliar. Perkiraan tersebut lebih besar dari yang diperhitungkan oleh perusahaan energi Inggris (EDF).
Mahalnya biaya pembangunan pabrik tersebut membuat warga Inggris meluncurkan petisi untuk menghentikan pembangunan tersebut. Petisi itu hingga saat ini telah ditandatangani oleh lebih dari 110.000 orang.
Pembangkit listrik tersebut menelan biaya 18 kali lebih banyak dari pembangunan gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa atau lima kali lebih mahal dari Large Hadron Collider.
Terkait hal itu, Steve Thomas, profesor Emeritus dalam bidang kebijakan energi di Universitas Greenwich, "Pembangkit listrik tenaga nuklir adalah peralatan paling rumit yang kami buat”.
“Biaya PLTN selama ini cenderung naik karena terjadi sejumlah insiden kecelakaan. Karena itu, kami akan merancang langkah-langkah untuk menangani risiko tersebut," ujarnya, sebagaimana dikutip dari Metro, Senin (9/5/2016).
Sementara itu, pembangkit listrik Inggris Sizewell B - yang diselesaikan pada 1995 - menelan biaya relatif lebih sedikit yaitu berkisar USD3.3 miliar. Bahkan, para ahli meyakini, Piramida Agung Giza yang dibuat lebih dari 4.500 tahun lalu dapat mereka bangun hanya dengan biaya antara USD1 miliar sampai USD1.2 miliar.
Meskipun Stasiun Nuklir Hinckley adalah yang paling mahal di dunia, tapi ia bukan bangunan yang paling mahal di alam semesta karena Stasiun Luar Angkasa Internasional dibangun dengan biaya sekira USD111 miliar.
(FIK)
okezone
iklan