Norwegia Berencana Kirim Puluhan Tentara ke Suriah

OSLO -  Pemerintah Norwegia dilaporkan berencana untuk turut mengirimkan tentara ke Suriah. Negara Skandinavia tersebut rencananya akan mengirimkan setidaknya 60 personel tentara ke Suriah.



Menteri Pertahanan Ine Marie Eriksen Soreide menuturkan, pengiriman tentara ke Suriah ini bukan dimaksudkan untuk terlibat langsung dalam pertempuran, melainkan mereka dikirim untuk melatih apa yang disebut dengan kelompok pemberontak moderat.

"Pertempuran itu sendiri akan dilakukan oleh orang lain, tapi kami dapat membantu dengan meningkatkan kemampuan tempur mereka," kata Soreide dalam sebuah pernyataan.

Namun, sayangnya Soreide sampai saat ini enggan memberikan keterangan kelompok mana saja yang akan dilatih oleh tentara Norwegia. Dirinya hanya menuturkan kelompok yang akan dilatih telah dipilih melalui serangkain proses seleksi yang menyeluruh dan sistematis.

"Salah satu syarat untuk dukungan kami adalah bahwa operasi mereka diarahkan terhadap ISIS dan bahwa mereka tidak merugikan salah satu upaya perdamaian saat ini di Suriah," ucap Soreide, seperti dilansir Press TV pada Rabu (4/5).

Menurut kepala pertahanan Norwegia itu juga menuturkan pengiriman tentara ini juga sejalan dengan permintaan dari koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS). 


(esn)
sindonews
iklan