Militer AS Ingin Ganti Sistim Persenjataan Terpenting

Salah satu ancaman terbesar Amerika bagi negara asing, adalah kapal selam yang panjangnya 171 meter, tingginya seperti gedung bertingkat empat , bisa sepenuhnya menyelam di bawah permukaan air dan bisa berkeliaran di laut tanpa diketahui.

Kapal selam SSBN kelas Ohio yang membawa muatan rudal nuklir Trident II oleh Menhan Ash Carter minggu ini disebut “benar-benar penting” dan “sumber keunggulan Amerika”.
Kapal-kapal selam SSBN yang secara strategis di tempatkan di seluruh dunia membawa puluhan misil balistik yang bisa menembak sasaran7400 kilometer jauhnya.

“Ini adalah sistem senjata yang paling penting yang dipunyai Amerika terkait keamanan strategis karena tidak seorangpun tahu dimana letaknya,selalu aktif dan terus waspada,” kata pimpinan teknisi sonar Jarrad Hampton ketika VOA mengunjungi Pangkalan Kapal Selam AL, Kings Bay yang menjadi pangkalan enam kapal selam SSBN kelas Ohio itu.


Para pejabat mengatakan, kapal-kapal selam ini adalah salah satu bagian paling penting dalam persenjataan nuklir amerika, istilah yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan Amerika melancarkan serangan nuklir dari udara, darat atau laut.
Tapi kemampuan itu akan segera terancam jika tidak mendapat dana pada waktunya untuk menggantikan kapal-kapal yang sudah tua. Dinding kapal-kapal selam itu hanya bisa bertahan sekitar 40 tahun. [my/ii] voaindonesia
iklan