Komentar Buruk Ratu Inggris terhadap Kunjungan Presiden China

LONDON – Ratu Elizabeth II tertangkap kamera mengeluarkan komentar buruk mengenai pemerintah China dalam acara pesta taman di Istana Buckingham, London pada Selasa 10 Mei 2016 sore waktu setempat.


Saat itu, Sang Ratu diperkenalkan kepada Komandan Polisi Lucy D’Orsi. Perempuan berambut pirang itu merupakan komandan operasi polisi yang bertugas untuk mengamankan kunjungan kenegaraan Presiden China Xi Jinping pada Oktober 2015 ke Inggris.
Seperti dimuat The Guardian, Rabu (11/5/2016), “Oh, nasib buruk. Mereka sangat kasar terhadap duta besar,” kata perempuan berusia 90 tahun itu kepada D’Orsi. Perkataan Ratu tersebut mengacu pada perlakuan China terhadap duta besar (Dubes) Inggris Barbara Woodward.
D'Orsi mengeluh kepada Ratu bahwa kunjungan Xi merupakan ujian yang cukup berat baginya. Ia juga mengklaim bahwa pada satu titik, beberapa pejabat China melakukan aksi walk out kepadanya dan Dubes Woodward.
“Luar biasa,” ucap Ratu ketika mendengar keluhan D’Orsi. “Saya pikir tindakan itu sangat kasar dan tidak diplomatis,” timpal D’Orsi.
(wab)
okezone
iklan