Kemenangan Sadiq Khan Bukti Keberagaman Inggris

JAKARTA - Kemenangan Sadiq Khan dalam pemilihan Walikota London, Inggris menjadi bukti dari keberagaman dan juga toleransi di Inggris. Hal itu diutarakan oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik.



"Saya kira hasil pemilihan lokal Inggris cukup menarik. Ada beberapa pemimpin yang berasal dari minoritas yang berhasil di London, Bristol dan beberapa kota lain," ucap Moazzam yang ditemui di sela-sela perayaan hari jadi Uni Eropa di Jakarta pada Senin (9/5).

"Itu memperlihatkan keragaman Inggris. Di masa sekarang, Inggris sudah jadi negara beragam. warga dari kalangan minoritas, jika bekerja dan belajar keras bisa maju. Sistem politik, sosial dan ekonomi Inggris terbuka untuk warga minoritas," sambungnya.

Sementara itu, ketika ditanya harapannya untuk Sadiq Khan, diplomat Inggris yang juga keturunan Pakistan itu mengatakan, dirinya berharap Sadiq Khan akan mampu mengelola London dengan baik, dan dapat memajukan kota itu.

"Saya harap Sadiq khan akan mengelola ibukota negara saya dengan bagus. Itu kota tempat saya lahir dan dewasa. Harapan saya, kota London akan menjadi ibukota dunia sebenarnya, serta akan maju," pungkasnya.

Seperti dikabarkan sebelumnya, Sadiq Khan (45), anak dari seorang sopir bus terpilih menjadi walikota Muslim pertama di London. Hasil pemilihan walikota pada Sabtu lalu menunjukkan, Khan mengalahkan penantangnya dari kubu Konservatif, Zac Goldsmith (41).


(esn)
sindonews
iklan