Kembali Terjadi, Kapal Patroli China Masuki Perairan Jepang

TOKYO – Coast guard Jepang mengatakan mereka kembali melihat kapal patroliChina masuk perairan Jepang tidak jauh dari Pulau Senkaku di Laut China Utara pada Senin 9 Mei 2016.

Sebagaimana diwartakan NHK, Selasa (10/5/2016) pejabat coast guard Jepang menyatakan melihat ketiga kapal tersebut masuk ke perairan yang berada tidak jauh dari Pulau Uotsuri pada pukul 10 pagi. Kapal tersebut dilaporkan berdiam disana selama satu setengah jam.
Pejabat tersebut menambahkan kapal-kapal itu kembali berlayar di zona yang berdekatan dengan perairan di Jepang hingga siang. Pihak coast guard Jepang menuturkan mereka terus memberikan peringatan kapal-kapal China tersebut untuk menghindari perairan Jepang.
Dilaporkan ini adalah aksi ke-12 kali pada tahun ini dari China yang dimana kapal milik Negeri Tirai Bambu masuk ke perairan Jepang. Wilayah Pulau Senkaku sendiri hingga sekarang masih menjadi wilayah sengketa antara Jepang, China dan Taiwan karena ketiga negara mengklaim kepemilikan terhadap pulau tersebut
(emj)
okezone
iklan