Jokowi-Putin Bahas Terorisme & Transfer Teknologi Militer

SOCHI – Jelang pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Rusia di Sochi (19-20 Mei 2016), Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Rusia, Vladimir Putin menggelar pertemuan bilateral di Resor Laut Hitam, Sochi, Rabu, 18 Mei 2016 waktu setempat.

Pasca-bertemu Putin, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Jakarta dan Moskva sudah menyepakati beberapa hal pembahasan, mulai dari penangkalan ancaman terorisme, hingga kerja sama sektor teknis militer.
Dalam hal penanganan terorisme, Presiden Jokowi menyatakan bahwa Indonesia dan Rusia sepakat untuk memperluas kerja sama antar badan keamanan negara masing-masing, seperti dalam hal pertukaran data intelijen.
Sementara dalam hal kerja sama kemiliteran, Indonesia dan Rusia sudah deal terkait transfer teknologi alat utama sistem persenjataan (alutsista).
“Kami sudah sepakat untuk meluaskan kerja sama dalam hal pertukaran data intelijen dan mengintensifkan kontak antara badan keamanan kami (untuk menangkan ancaman terorisme),” papar Presiden Jokowi, dilansir Sputnik, Kamis (19/5/2016).
“Kami juga sudah bersepakat dengan Presiden Putin, untuk memperkuat kerja sama kami dalam sektor teknis militer. Kami sudah menyetujui transfer teknologi, sebagaimana dalam hal produksi bersama (terkait produk-produk pertahanan),” tandasnya singkat.
(raw) okezone
iklan