Gelar Latihan Militer di LCS, China Turunkan Kekuatan Penuh

BEIJING - Militer China akan melakukan latihan militer di Laut China Selatan (LCS) bulan ini dengan kekuatan penuh. Pasalnya, latihan militer ini akan melibatkan kapal perang canggih dan kapal selam.



Seperti diberitakan kantor berita Xinhua, selain kapal perang, China juga akan menunjukkn senjata penghancur rudalnya yang baru bersama senjata anti kapal selam dan anti rudal seperti dikutip dari Reuters, Kamis (5/5/2016).

Meski begitu, Xinhua tidak menyebutkan dimana latihan perang itu akan berlangsung. Namun, Xinhua mengatakan, latihan perang itu adalah latihan rutin dan telah direncanakan akan dilakukan pada tahun ini.

China secara berkala mengumumkan melakukan latihan di LCS seolah ingin menunjukkan secara transparan tentang penyebaran kekuatan militernya di wilayah yang disengketakan itu.

China telah mengklaim hampir semua perairan yang kaya energi dari LCS, di mana lebih dari USD 5 triliun hasil dari perdagangan maritim yang mengalir setiap tahunnya. Filipina, Brunei, Vietnam, Malaysia dan Taiwan pun memiliki klaim yang sama.

Washington telah mengkritik pembangunan pulau buatan Beijing, Kepulauan Spratly, di LCS yang disengketakan. Washington bahkan telah melakukan patroli laut dan udara di dekat wilayah itu.


(ian)
sindonews
iklan