FN Five-Seven, Senjata Genggam Paling Mumpuni di Dunia

Pistol atau senjata genggam FN Five-seven adalah pistol semi otomatis yang dibuat dan diproduksi oleh Perusahaan Fabrique Nationale d’Armes de Guerre-Herstal (FN Herstal) di Belgia. 

Senjata ini telah digunakan oleh militer dan otoritas keamanan di puluhan negara serta menjadi salah satu senjata genggam yang dianggap paling mumpuni. Nama dari Five-seven sendiri diambil dari ukuran diameter pelurunya yang memiliki ukuran 5,7 mm.  
Pistol FN Five-seven dan amunisinya yang berjenis 5,7 x 28 mm ini dikembangkan oleh FN Herstal atas permintaan dari NATO. Mereka meminta perusahaan tersebut untuk membuat pengganti peluru 9 x 19 mm Parabellum beserta pistol dan senapan mesin ringan yang masih menggunakan peluru tersebut.
Pada saat itu, NATO meminta dua jenis senjata api yang akan cocok dengan jenis peluru baru ciptaan perusahaan Belgia tersebut. Pertama, mereka meminta senjata jenis shoulder-fired weapon yakni senjata api yang biasanya memiliki popor yang ditempatkan di bahu. Selanjutnya mereka juga meminta senjata api genggam.
Perusahaan FN Herstal menyanggupi hal tersebut dengan menciptakan senapan mesin ringan FN90 beserta peluru 5,7 x 28 mm. Beberapa tahun kemudian, FN mengumumkan bahwa mereka berhasil membuat pistol Five-seven.
 Senjata genggam ini pertama kali mulai digunakan di ranah dunia militer pada Mei 2000. Garda Nasional Siprus membeli 250 unit pistol tersebut untuk digunakan oleh pasukan khusus mereka.
Secara desain, senjata api berjenis semi otomatis dan hammer dari senjata api ini cukup unik karena tersembunyi di dalam rangkanya sehingga tidak telihat dari luar. Bahan polimer digunakan untuk desain dari pistol ini. Bahkan slide baja yang berada di senjata genggam ini terbungkus dengan polimer.
Dilaporkan, hal ini dilakukan demi mengurangi bobot pistol ini, serta demi meningkatkan daya tahannya terhadap karat. Selain itu, hal tersebut juga dilakukan untuk mencegah refleksi cahaya yang dapat mengganggu pandangan penggunanya.
Walaupun terdapat bagian yang masih terbuat dari rangka, pistol ini tetap dianggap sebagai senjata genggam ringan karena hanya memiliki bobot 744 gram. Bobot ini sudah termasuk 20 peluru yang berada di dalam pistol. Namun, pistol ini tidak terlepas dari kontroversi yang sempat membayanginya.
Awalnya, Pistol FN Five-seven dan amunisinya dibuat oleh FN Herstal hanya untuk dijual ke para penegak hukum dan pihak militer. Tapi, pada 2004 senjata api ini memiliki model baru yang bernama Five-seven IOM dan dikenalkan ke publik beserta amunisinya 5,7 x 28 mm SS192 sebagai senjata api untuk warga sipil.
Cabang perusahaan FN di Amerika Serikat (AS) memasarkan pistol model ini kepada warga sipil dengan mengiklankannya sebagai senjata api ini cocok untuk perlindungan diri, menembak target di lapangan tembak, dan lain-lain. Organisasi kontrol senjata api di AS sangat menentangnya, bahkan pada akhir 2004 penjualan pistol ini menurun drastis.
Bahkan, menurut ATF (Biro penegakkan hukum terhadap alkohol, rokok, senjata api, dan bahan peledak di AS) sempat mengatakan bahwa pistol FN Five-seven adalah salah satu senjata favorit dari kartel narkoba pada Perang Narkoba Meksiko. ATF juga menyatakan bahwa senjata api ini kerap diselundupkan dari AS ke beberapa negara untuk digunakan oleh para kartel narkoba.
Namun terlepas dari kontroversinya, senjata genggam ini masih tetap dianggap mumpuni bila berada di tangan yang benar seperti pihak militer dan kepolisian. Selain ukurannya yang kecil, bobotnya yang ringan memudahkan pihak penegak hukum dalam melakukan berbagai operasi.
Di AS sendiri, FN Five-seven saat ini digunakan oleh 300 badan penegak hukum, termasuk Secret Service. Percaya atau tidak, Indonesia adalah salah satu negara yang menggunakan pistol ini di militernya, tepatnya digunakan oleh Kopaska dan Kopassus.
Dilaporkan, senjata ini sendiri telah digunakan oleh badan penegak hukum dan militer di lebih dari 40 negara. Sehingga dari jumlah penggunanya bisa diketahui bahwa senjata api genggam ini sudah terbukti mumpuni dan bisa dinobatkan sebagai pistol paling mumpuni di dunia.
Berikut ini spesifikasi singkat dari pistol FN Five-seven:
  • Bobot : 610 gram (kosong), 744 gram (berisi peluru)
  • Panjang : 208 mm
  • Panjang laras : 122 mm
  • Lebar : 36 mm
  • Tinggi : 137 mm
  • Amunisi : FN 5,7 x 28 mm
  • Jarak maksimum peluru mengenai target : 1.510 meter
  • Harga per unit : USD1.200 atau sekira Rp15.972.000
 
(emj)
okezone
iklan