Dukung Israel, AS Tolak Jual Jet Tempur F-35 ke Negara Arab

NEW YORK – Pemerintah Amerika Serikat (AS) dilaporkan tidak akan menjual pesawat tempur siluman F-35 ke negara-negara Arab. Penjualan F-35 dikhawatirkan dapat pertahanan udara mereka. Langkah itu dilakukan Pemerintah AS sebagai bentuk dukungannya kepada Israel.

Seperti disampaikan PressTV, Rabu (4/5/2016), Washington akan memberikan pesawat canggih tersebut di Timur Tengah hanya kepada Tel Aviv. Menurut Israel, penjualan pesawat tempur F-35 ke negara Arab akan menandingi keunggulan teknologi pertahanan mereka di kawasan Timur Tengah.
Baru-baru ini, sempat terdengar kabar bahwa AS akan menjual pesawat F-35 kepada negara Qatar dan Kuwait. Terkait hal itu, Pemerintah AS langsung mengumumkan bahwa mereka akan selalu mendukung Israel dan tetap mempertahankan kesenjangan kualitas pertahanan militer antara Israel dengan negara-negara di Arab.
Pada akhir tahun lalu, militer Israel dikabarkan telah menerima pengiriman pertama jet tempur F-35. Pada tahun depan, militer Israel juga dilaporkan akan kembali menerima tujuh pesawat tempur. Untuk menampung pesawat F-35, Israel membangun pangkalan udara di daerah selatan Israel, Negev.
(FIK)
okezone
iklan