Donald Trump Ingin Bertemu dengan Kim Jong Un

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Bakal calon presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump, mengatakan keinginannya untuk bertemu langsung dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, untuk menghentikan program nuklir negeri itu.



Trump menolak merinci rencananya mengatasi masalah Korea Utara, tetapi dia mengatakan sangat terbuka untuk bertatap muka dengan Kim Jong Un.

"Saya ingin berbicara kepada dia. Saya tak melihat ada masalah berbicara dengan dia," kata Trump seperti dikutip Reuters.

Trump menambahkan, dia juga akan mendesak China, yang merupakan satu-satunya pendukung diplomatik dan ekonomi, untuk membantu mencarikan solusi masalah Korea Utara.

Kesiapan Trump untuk bertemu Kim Jong Un berbanding terbalik dengan Presiden Barack Obama yang mengandalkan para diplomat senior untuk berdialog dengan para pejabat Korea Utara.

Dalam wawancara dengan Reuters itu, Trump dengan terbuka menyatakan tidak setuju dengan kebijakan Presiden Rusia Vladimir Putin di wilayah timur Ukraina.

Pengusaha berusia 69 tahun itu memang selama ini terlihat tak memahami urusan politik luar negeri dan muncul keraguan dari berbagai kalangan terkait sumber nasihat yang diperolehnya.
iklan