Deportasi 32 Warganya, Taiwan Yakin Malaysia Ditekan China

TAIPEI – Pemerintah Taiwan memprotes keputusan Malaysia untuk mendeportasikan 32 warga negara Taiwan kepada pemerintah China daratan yang tersangkut kasus penipuan uang transfer.


Dilansir dari Asian Correspondent, Senin (2/5/2016), pejabat di tingkat kementerian Taipei meyakini Pemerintah Malaysia mendapatkan tekanan dari Negeri Tirai Bambu untuk menerbangkan para warga Taiwan ke negerinya.
Meski begitu, Kementerian Luar Negeri Taipei mengaku terlanjur kecewa dengan tindakan Negeri Menara Petronas yang secara tidak langsung telah mengabaikan negosiasi diplomatis dengan Taiwan. Kemenlu menegaskan, kejadian ini jelas juga dapat menyakiti hubungan kedua negara.
Bahkan, ini bukan baru sekali terjadi. Sebelum ini, sekira 48 warga Taiwan yang tertangkap di Kenya juga diekstradisi ke China untuk diproses secara hukum. Taiwan pun semakin geram dengan Negeri Panda. Ketegangan antara kedua negara yang sebelumnya dikabarkan sempat membaik, kembali memanas.
Di sisi lain, China mengklaim para tahanan itu berhak dibawa ke negaranya untuk diproses secara hukum sebab yurisdiksi tindak kriminal mereka berada di kawasan China daratan. Para korban yang dirugikan adalah warga RRC, bukan Taiwan.
(Sil)
okezone
iklan