CIA "Live Tweet" Operasi Siluman Pembunuhan Osama bin Laden

WASHINGTON - Agen Intelijen Amerika Serikat atau CIA menandai peringatan lima tahun operasi siluman tim Navy Seal untuk pembunuhan terhadap Osama bin Laden. CIA menuliskannya dalam “live tweet” di akun Twitter-nya.



Cara CIA menggunakan gimmick media sosial “live tweet” ini tidak biasa. Dengan “live tweet” itu, seolah-olah operai siluman Navy Seal untuk membunuh pendiri Al-Qaeda ituterjadi secara real time.


Para penggun Twitter merespos rentetan tweet CIA itu secara beragam. Ada yang mengucapkan “selamat” dan “terima kasih”. Namun, ada juga yang mencibir CIA dengan ucapan “memalukan” dan “tidak profesional”.


Operasi siluman Navy Seal terjadi pada 2 Mei 2011  di Abbottabad, Pakistan, dalamsebuah misi yang dijuluki sebagai Neptune Spear.


CIA menyebut kematian Osama bin Laden sebagai kemenangan yang signifikan dalam kampanye serangan yang dipimpin Amerika Serikat (AS).

Untuk menandai ulang tahun ke-5 dari operasi Osama Bin Ladin di Abbottabad, kami akan men-tweet serangan itu seolah-olah itu terjadi hari ini, dan diluncurkan secara live,”tulis CIA di akun Twitter-nya, @CIA yang dikutip Sindonews, Senin (2/5/2016).

Dalam rentetan tweet, CIA mengumumkan persetujuan peluncuran misi yang melibatkan dua helikopter untuk mendarat di kompleks bangunan di Abbottabad. Satu helikopter mengalami kecelakaan, tapi tidak ada yang terluka dan misi terus berjalan.


CIA dalam menuliskan “live tweet” itu juga memajang foto menonton bareng (nobar) para pejabat tinggi AS termasuk Presiden Barack Obama dan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton. Raut wajah mereka tegang ketika menyaksikan adegan penggerebekan Navy Seal terhadap Osama bin Laden.

Akhirnya, bin Laden ditemukan di lantai tiga dan dibunuh,” tulis CIA di akhir rangkaiantweet-nya.


(mas)
sindonews
dibaca
iklan