BM-25 Musudan, Rudal Kebanggaan Korea Utara

RUDAL Musudan yang juga memiliki nama Rodong-B serta dikenal juga dengan nama BM-25 dan Taepodong X adalah rudal jarak menengah yang dikembangkan langsung oleh negara Korea Utara (Korut).

Rudal ini pertama kali diperlihatkan kepada publik internasional dalam parade militer yang diadakan pada 10 Oktober 2014, tepatnya pada perayaan ke-64 berdirinya Partai Pekerja Korea (komunis). Secara fisik, banyak ahli yang mengatakan bahwa rudal Musudan memilik bentuk hampir serupa dengan rudalR-27 Zyb milik Uni Soviet.
Secara histori, pengembangan rudal ini dimulai pada pertengahan 1990, tidak lama setelah runtuhnya Soviet. Pemerintah Korut mengundang para perancang dan insinyur yang bekerja di Biro Desain Makeyev untuk membantu merancang rudal yang dapat menjadi kebanggan Negara Komunis tersebut.
Foto: (ABC News)
Pihak militer Korut menginginkan desain dari rudal milik mereka berdasarkan bentuk dari rudal R-27 Zyb. Namun, karena peluncur rudal milik Tentara Rakyat Korea dapat menampung rudal dengan bobot 20 ton, sedangkan rudal R-27 Zyb hanya berbobot 14,2 ton, tangki dari rudal milik Korut (nantinya jadi Musudan) dapat diperbesar hingga 2 meter (m). Tujuannya tak lain agar dapat menjangkau lokasi target lebih jauh.
Diduga, mesin pendorong dari Musudan dibuat berdasarkan desain tahap dua dari rudal Taepodong-2 yang gagal diuji coba Korut pada 2006.
Rudal Musudan kabarnya juga menggunakan bahan bakar cair roket yang merupakan gabungan antara unsymmetrical dimethylhydrazine sebagai bahan bakar. Sementara sebagai oksidatornya, Korut menggunakan nitrogen tetrosida.
Pada 6 April 2013, muncul laporan bahwa Korut hendak melakukan uji coba rudal Musudan di markas yang berada di wilayah pantai timur Korut. Namun, pada 7 Mei 2013, dua rudal Musudan terlihat dipindahkan dari lokasi peluncuran di markas tersebut.
Selang beberapa tahun kemudian, tepatnya pada 14 April 2016 muncul laporan Korut tengah mempersiapkan satu atau dua rudal Musudan di wilayah kota pelabuhan Wonsan. Namun sekali lagi, belum ada kabar soal peluncurannya.
Baru pada keesokan harinya, bertepatan dengan perayaan HUT pendiri Korut Kim Il-sung, Pyongyang merealisasikan uji coba peluncuran Musudan. Berdasarkan laporan dari Korea Selatan serta militer Amerika Serikat, rudal jarak menengah tersebut keluar dari jalur peluncuran sehingga dinyatakan gagal
Tidak puas dengan kegagalan pada peluncuran tersebut, pada 28 April 2016, Korut kembali meluncurkan dua Musudan. Kembali, keduanya mengalami kegagalan dan secara hattrick Negara Komunis tersebut dalam bulan April 2016 tercatat tiga kali gagal melakukan uji coba peluncuran rudal Musudan.
Foto: (English Manorama Online)
Berikut ini kilasan spesifikasi dari rudal Musudan :
  • Bobot : 20 ton
  • Diameter : 1,5 m
  • Panjang : 12 m
  • Bobot peledak di dalam rudal : 1.000-1.250 kilogram
  • Hulu ledak : 1 hulu ledak
  • Jarak maksimum target : 2.500 – 4.000 kilometer
okezone
iklan