Bentrokan Militan PKK dengan Pasukan Keamanan Turki, 10 Tewas

NUSAYBIN – Setidaknya 10 orang tewas akibat bentrokan yang terjadi selama dua hari antara militan PKK dengan pasukan keamanan di wilayah tenggara Turki.

Dilaporkan, ratusan tentara serta polisi Turki dan militan PKK telah meregang nyawa akibat pecahnya konflik antara para militan tersebut dengan pihak keamanan Turki semenjak Juli 2015. Konflik ini dikabarkan adalah salah satu konflik paling berdarah yang pernah terjadi di Turki dalam dua dekade ini.
Sebagaimana dilansir dari Reuters, Selasa (10/5/2016) pihak militer Turki melalui laman web-nya menyatakan sembilan militan PKK tewas pada Minggu 8 Mei 2016 akibat bentrok dengan pasukan keamanan di Kota Nusaybin dan Sirnak.
Kemudian, pada Senin 9 Mei 2016 satu tentara tewas akibat bentrok yang kembali pecah di Kota Nusaybin dimana kota ini berlokasi di perbatasan dengan Suriah.Sumber dari pihak keamanan Turki menuturkan hingga hari ini bentrok dengan para militan PKK masih terus berlangsung di Nusaybin dan Sirnak.
Konflik yang terus pecah antara pihak keamanan Turki dengan militan PKK selama tiga dekade ini hanya dapat diakhiri melalui proses damai agar menghentikan jatuhnya korban dari kedua belah pihak.
Namun, Presiden Erdogan telah bersumpah untuk terus melakukan operasi menumpas para anggota militan PKK hingga mereka menyerah. Karena Presiden Turki tersebut memang sudah mengklasifikasikan PKK sebagai kelompok teroris.
(emj)
okezone
iklan